Wednesday, July 16, 2008

Hari-Hari Pertama kak Tia di SD

Hari pertama masuk sekolah, tidak hanya anak baru yang ditemani orang tuanya, yang udah kelasnya besar juga banyak yang ditemani orang tuanya.  Pasalnya, di SD ini, untuk setiap grade aja terdiri dari 4 kelas : A, B, C, D. Dan untuk kelas 1 sekarang, ada 5 kelas (dengan jumlah murid rata-rata 40 orang). Hmm.. jumlah yang fantastis! Jadi hari pertama, di sekolah rameeeeeeeee pisan!

Begitu masuk ke lingkungan sekolah, lihat dulu pengumuman, kakak masuk ke kelas yang mana.. Ooh, ternyata dapat kelas 1 B, gurunya Ibu Iis Sriyatna, S.Pd.. Setelah itu, cari kelas, dan menyerahkan k'Tia ke Ibu gurunya, yang sudah siap menyambut di depan pintu. Anak kelas 1, dengan lingkungan baru, tidak semua bisa langsung "menyesuaikan diri", ada yang harus ditemani orang tuanya dulu..., ada yang tidak nyaman & menangis tidak mau ditinggal orang tua, tapi setelah bel masuk, pintu kelas ditutup, dan anak-anak udah deh mandiri sama Ibu gurunya...

Sampai hari ke 3, orang tua masih diperkenankan untuk "menunggu" selama anak belajar, tapi setelah itu, tidak boleh ada lagi orang tua, tepatnya ibu-ibunya, yang "nongkrong-nongkrong" di sekolah, jadi kalau mau nunggu di luar gedung sekolah.

Lucu banget deh.. karena pada saat TK biasanya masuk agak siang jam 8, dan sekarang jam 5 harus udah bangun.. Hari-hari pertama, ini yang paling berat dijalani kakak, mengubah rutinitas! Dan semalam baru habis konser lagi, pulang jam 9-an, dan baru tidur sekitar jam 10-an malam. Tapi karena semangat mau masuk sekolah, begitu dibangunin engga susah bangunnya.

Jam 5.30 harus udah mandi... Jam 6 harus mulai sarapan, jadi jam 6.30 pagi bisa berangkat supaya masih rada leluasa, dan tidak terkena macet. Dengan jumlah murid hampir 1000 orang di SD ini, sudah kebayang pasti jam masuk sekolah dan jam pulang sekolah adalah jam yang paling padat di depan sekolah!! Dapet parkir aja susah, mau jalan kaki aja susah, banyak orang.. :-). Jadi harus lebih pagi, biar masih lengang..

Kakak sendiri, sebenarnya sudah cukup mandiri, artinya didrop, ditinggal, engga masalah, apalagi kalau sudah masuk ke kelas mah. Seminggu pertama, masuk jam 7 pagi dan pulang jam 9. Sedangkan seterusnya pulang jam 10.10...

Btw, kalau mau download atau baca buku-buku sekolah (SD, SMP, SMA, SMK, dll), bisa nengok ke :

http://bse.depdiknas.go.id/?top=x&mn=1&tk=1&id=20080424085611

Lumayan buat belajar di rumah... atau mempersiapkan anak sebelum sekolah.

Minggu-minggu pertama ini.. di kelas, kak Tia belajar menulis "dengan ukuran kecil".. Biasanya kan kalau di TK belum diharuskan rapi, jadi pada umumnya tulisan anak TK biasanya besar-besar, termasuk tulisan kakak. 

Nah, di pertemuan awal-awal ini mulai ditekankan untuk menulis dengan rapi & ukurannya sesuai dengan buku tulis. Setiap selesai mengerjakan tugas, langsung diberi nilai.. Nilai tulisan berapa.. Nilai kerapihannya berapa.. Nilai kak Tia pertama kali untuk menulis :  Tulisannya 7,5, sedangkan Kerapihannya 7. Soalnya waktu pertama nulis hurufnya besar-besar, terus dihapus lagi diperkecil... jadi aja.. bekas penghapusnya kotor..hehe.. trus kertasnya agak sobek..hehe.. Tapi that's oke lah... hari-hari berikutnya nilainya meningkat.. "Siiip deh, kak!"

2 comments:

  1. wah...asyiknya hari pertama masuk sekolah...
    duh...ada tukang gorengan euy...pengen...

    ReplyDelete
  2. hehe..meni seueur jajanan teh rupa2... tapi tos diomatan teu kedah jajan. Untungna Tia mah teu biasa jajan.. Ieu ge ngan sakali hoyong pisang molen, tos dicobian mah teu hoyongeun deui..duka kunaon.. :-)

    ReplyDelete